RSS

Buka SBI, 12 SMPN Kurangi Pagu

22 Mei

GRESIK – Perebutan bangku SMP negeri bakal kian ketat. Dipastikan, 12 SMP negeri di Gresik mengurangi pagu karena membuka kelas sekolah bertaraf internasional (SBI). Setiap sekolah akan mengurangi bangku untuk siswa baru antara enam hingga delapan siswa per kelas SBI.

Itu terjadi setelah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gresik mengurangi jumlah siswa setiap kelas pada 12 di antara 23 SMP negeri di Gresik. Sebab, 12 sekolah tersebut tahun ini resmi membuka kelas SBI. Dalam pelaksanaan SBI, setiap kelas maksimal hanya diisi 32 siswa. Padahal, biasanya satu kelas berisi hingga 38 siswa.

Sekolah yang hanya akan menerima 32 siswa per kelas, antara lain, SMP Negeri 2 Kebomas dan SMP Negeri 1 Kedamean. Kepala SMPN 1 Kedaeman Sutrisno mengatakan, sekolahnya akan membuka enam kelas reguler dan satu kelas SBI. Karena itu, jumlah siswa baru yang akan diterima bukan 266 siswa, melainkan hanya 260 siswa. “Untuk kelas SBI, jumlah siswa dikurangi enam, sedangkan kelas reguler tetap 38 siswa per kelas,” tuturnya.

Sementara itu, di SMP Negeri 1 Gresik, sembilan kelas akan menerima siswa baru. Rinciannya, enam kelas reguler dan tiga kelas SBI. Kelas reguler tetap diisi 38 siswa, sedangkan kelas SBI hanya menampung 30 siswa per kelas. Karena itu, akan terjadi pengurangan pagu 24 siswa dalam PSB tahun ajaran 2008/2009. “Tiga kelas SBI telah terisi,” ujar Kepala Sekolah SMPN 1 Gresik Nadlif.

Kepala Dinas P dan K Gresik Chusaini Mustas mengatakan, dalam PSB SMP, setiap siswa bisa memilih empat sekolah dalam subrayon. Subrayon 01 terdiri atas SMPN 1, 2, dan 3 Gresik. Juga, SMPN 1 dan 2 Kebomas serta SMPN 1 Manyar. “Calon siswa harus menjalani tes masuk,” ungkapnya. Tes masuk PSB meliputi pelajaran bahasa Indonesia, IPA, IPS/PPKn, dan matematika.

Selain hasil tes, akan dilakukan skoring dengan mempertimbangkan hasil ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) serta prestasi akademik dan nonakademik. Bobot masing-masing adalah 45, 35, 15, dan 5 persen. “Hasil pembobotan itu kemudian di-rangking. Siswa bisa melihat hasilnya melalui website www.psb-gresik.com atau datang ke sekolah masing-masing,” ucap Chusaini. (Jawapos, Selasa, 20 Mei 2008).

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 22, 2008 in Guru dan karyawan

 

4 responses to “Buka SBI, 12 SMPN Kurangi Pagu

  1. salammuhammad

    Juni 2, 2008 at 8:57 am

    kalo muridnya sih mungkin masih bisa mengikuti program RSBI but bagaimana dengan gurunya ya …. apa bisa menerangkan dengan bahasa inggris …. ?

     
  2. admin

    Juni 2, 2008 at 5:11 pm

    @salam_muhammad
    SMPN 1 Bejeng beberapa waktu lalu sudah mengadakan kegiatan English Camp untuk bapak ibu guru. Dengan bekal ini semoga bapak ibu guru dapat mengantar RSBI di sekolah kita tercinta dengan sukses… amin.

     
  3. salammuhammad

    Juni 2, 2008 at 11:22 pm

    beberapa bulan ini memang guru guru smp n 1 benjeng di drill BIG tetapi yang mengikuti dan benar-benar berminat

     
  4. yenny arieska maya brigdha

    Februari 21, 2009 at 7:05 pm

    SBI dsekolah masih banyak yang menggunakan bilinggual jadi secara garis besar sbi d gresik kurang maksimum

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: