RSS

Rajin Mantau, Cermat Memilih, PSB 2008

12 Jun

GRESIK – Tes penerimaan siswa baru (PSB) jenjang SMP dan SMA di Gresik kemarin (10/6) bisa diibaratkan ujian nasional (unas). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Gresik menerapkan sistem penjagaan silang penuh. Jadi, kebocoran soal maupun perjokian bisa dicegah.

Ribuan calon siswa yang ingin masuk sekolah negeri kini tinggal menunggu waktu pengumuman hasil tes PSB. Rencananya, hasil tes PSB tersebut akan diumumkan pada 16 Juni mendatang. Nilai tes PSB akan dilakukan pembobotan dengan hasil ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) jenjang SMP dan ujian nasional (unas) jenjang SMA, prestasi akademik, dan prestasi nonakademik. Kecuali, untuk SMA sekolah rintisan bertaraf internasional (SRBI), prestasi nonakademik tidak menjadi penilaian.

Untuk tes PSB SMP dan SMA itu, panitia membutuhkan 681 ruang kelas se-Gresik. Setiap kelas berisi maksimal 20 peserta. Selama 120 menit, 9.018 calon siswa SMP yang berasal 32 sekolah mengerjakan 70 soal untuk empat mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Yakni, bahasa Indonesia, IPA, IPS/PPKN, dan matematika.

Kepala Dinas P dan K Gresik Chusaini Mustas mengatakan, sekolah yang masih belum memenuhi pagu pendaftar tidak perlu panik. Sebab, ada kesempatan untuk membuka gelombang kedua guna memenuhi pagu. “Gelombang kedua akan dibuka hingga sehari sebelum MOS (masa orientasi siswa, Red),” ujar Chusaini.

Untuk jenjang SMP, ada 15 di antara 32 sekolah yang masih belum memenuhi pagu. Misalnya, di SMPN 2 Sidayu yang punya pagu 76 siswa, hingga tes PSB kemarin tercatat hanya 18 peserta yang mendaftar. Kondisi sama dialami SMPN 3 Sidayu, pagu 114 siswa, hanya ada 14 pendaftar.

Kekurangan siswa di sekolah-sekolah pinggiran itu bisa dimaklumi. Sebab, wali murid lebih memilih sekolah favorit untuk anaknya. Sebab, PSB tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yakni ketentuan domisili dihapus. Akibatnya, persaingan masuk ke sekolah di perkotaan ketat.

Namun, siswa tidak perlu risau. Sebab, untuk masuk jenjang SMP, peserta PSB diberi kesempatan guna memilih empat sekolah. Misalnya, subrayon 01 terdiri atas SMPN 1, 2, 3 dan 4 Gresik; SMPN 1 dan 2 Kebomas; kemudian SMPN 1 Manyar.

Kepala SMPN 1 Gresik Nadlif mempunyai tip bagi wali murid yang ingin anaknya bersekolah di sekolah negeri. Pertama, menimbang dengan cermat sebelum menentukan pilihan sekolah. Kedua, rajin memantau pengumuman. “Baik melalui website maupun layar lebar yang disediakan di sekolah,” kata Nadlif. Yang terakhir adalah cepat mengubah pilihan bila memang kesempatan sangat kecil.

Dia mencontohkan, pagu SMPN 1 Gresik 228 siswa reguler. Sedangkan pendaftar 853 peserta. “Bila hasil pembobotan sudah di atas pagu sekolah, jangan memaksakan diri. Apalagi, di subrayon 01 ini ada tujuh sekolah pilihan,” pesan Nadlif. “Pilihlah sekolah yang memberikan kesempatan masuk cukup besar. Kalau memang perlu pindah rayon, lakukan segera,” sarannya.

Kemarin, sesudah tes, peserta diberi selembar kertas yang berisi format pilihan sekolah PSB online reguler. Dalam kertas itu, disebutkan, format pilihan sekolah dikembalikan pada 1 hingga 5 Juli 2008. Jika ingin mengganti pilihan dalam subrayon maupun di luar subrayon, panitia memberikan kesempatan mulai 1 hingga 3 Juli 2008.

Sementara itu, 1.114 peserta tes PSB SRBI SMA masih menjalani tes sekali lagi hari ini. Mereka akan menjalani tes kemampuan bahasa Inggris. (Jawapos, Rabu, 11 Juni 2008)

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 12, 2008 in PSB 2008

 

3 responses to “Rajin Mantau, Cermat Memilih, PSB 2008

  1. mybenjeng

    Juni 13, 2008 at 4:02 pm

    semoga yang daftar diterima semua….
    he2…, kalo di terima semua, gak muat dong kelasnya…

     
  2. aditya yulianto

    Juli 6, 2008 at 7:28 pm

    sekolahae tambah apik ae rek…..!!!!!

     
  3. admin

    Juli 12, 2008 at 1:00 pm

    @mybenjeng
    maunya juga gitu, diterim semua…)

    @aditya yulianto
    sip pokoke rek…🙂

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: