RSS

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

02 Mei

Pendidikan adalah merupakan tanggung jawab bersama, antara pemerintah, sekolah, orang tua, masyarakat, dan tentunya peserta didik. Karena kompleksitas yang dihadapi pendidikan, yang tentunya terkadang semakin pelik dan rumit dalam mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa menuju masyarakat cerdas, berakhlak mulia.Selanjutnya perlu kearifan dari semua pihak untuk bekerja sama dalam mensukseskan cita-cita pendidikan nasional yang tertuang dalam UUD 1945.

  1. Pemerintah
    Sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menyusun, merencanakan kebijakan, program dalam pendidikan telah berusaha semaksimal mungkin, diantaranya telah dihasilkannya kurikulum, peraturan menteri, keputusan-keputusan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Meskipun begitu masih banyak koreksi, kritikan, saran dari berbagai pihak demi peningkatan ke arah yang lebih baik, memang ada sebagian dari saran tersebut yang cara penyampaiannya sangat keras dan pedas yang tentu harus diterima dengan bijaksana dan dengan hati yang sejuk, tetap semangat!
  2. Sekolah (guru) , merupakan tempat yang paling banyak disorot dan diperhatikan, yang tentunya sebagai tempat yang dipercaya oleh orang tua untuk mengembangkan kompetensi anak-anaknya. Sekolah dituntut untuk dapat mengembangkan peserta didik menuju siswa yang lebih cerdas, lebih trampil, dan tentunya yang lebih berakhlak mulia (karakter). Sekolah berusaha untuk memberikan pelayann yang terbaik kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Begitu pula guru diharapkan dapat lebih mengembangkan peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan tentunya guru hendaknya bisa mengaplikasikan pesan Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara yaitu “Ing Ngarso Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”
  3. Masyarakat, diharapkan sebagai mitra yang sangat baik bagi pendidikan yaitu terus peduli, terhadap pendidikan melalui saran, tulisan, seminar dan tentunya di lingkungan sekitar terhadap insan pendidikan
  4. PESERTA DIDIK, saat ini tantangan peserta didik semakin berat meskipun di satu sisi ada hal-hal yang mendukung dalam keberhasilan pendidikan. Peserta didik dituntut untuk lebih mampu menghadapi tantangan jaman khususnya pergaulan, akhlak yang semakin jelek pengaruhnya, disamping terus eksis dalam menacapai kompetensi di sekolah.

Dari berbagai komponen di atas ternyata para peserta didik menghadapi yang lebih berat, tuntutan kurikulum dan pengaruh lingkungan yang jelek, oleh karena itu marilah kita semua untuk lebih memahami para peserta didik, tidak menambah bebannya sehingga mereka dapat lebih mampu dan berhasil menuju dunia yang lebih kompetitif.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, terus berjuang, tetap semangat, menuju ngenerasi yang berkarakter.

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 2, 2013 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: